Kamis, 06 Juni 2013

RPP AGAMA HINDU SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1

Sekolah                       : SMPN 6 MATARAM
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester         : VII / 1 ( Satu )
Aspek                          : Sradha
Standar Kompetensi   : Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi / Tuhan sebagai   
                                      Asta Aiswarya
Kompetensi Dasar      : - Menguraikan ajaran Asta Aiswarya  
                                      - Menguraikan arti dan makna bagian-bagian Asta Aiswarya
                                      - Menunjukkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang
                                         Widhi sebagai Asta Aiswarya
Indikator                     : - Mampu menguraikan ajaran  Asta Aiswarya
- Mampu menguraikan makna dan arti bagian-bagian Asta
  Aiswarya
- Mampu menunjukkan contoh-contoh ke-Maha Kuasaan Sang
   Hyang Widhi sebagai Asta Aiswarya  
Alokasi Waktu            : 6 x 40 ( 3 x pertemuan )

A.              Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik mampu :
-   Menguraikan ajaran Asta Aiswraya
-   Menguraikan arti dan makna bagian-bagian Asta Aiawarya
-   Menunjukkan contoh-contoh ke-Mahakuasaan Sang Hyang
   Widhi sebagai Asta Aiswarya
v    Pendidikan Karakter Siswa yang diharapkan:
-Religius
-Tanggung jawab
-Kerja keras
-Mandiri

B.              Materi Pembelajaran
Pertemuan I
- Menguraikan ajaran Asta Aiawarya
Pertemuan II
- Menguraikan arti dan makna bagian-bagian Asta Aiswarya
Pertemuan III
- Contoh-contoh ke-Mahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Asta Aiswarya 
C.              Metode Pembelajaran
-        Pendekatan model CTL

D.              Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan I
1.                Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
a.        Apersepsi
-      Salam Panganjali umat “ Om Swastyastu” (Religius)
-                                                         Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
(Absensi,Kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi      
-Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang
materi yang akan diajarkan(Mandiri)
-Tanya jawab tentang kekuasaan Sang Hyang Widhi
2. Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian Asta Aiswarya, bagian-bagian Asta Aiswarya,cantoh
Asta Aiswarya. (Religius)
- Mengadakan kajian referensi tentang Asta Aiswarya (Religius)
2.  Elaborasi
-Membagi siswa dalam kelompok (Kerja sama)
-Meminta siswa berpresentasi didepan kelas (Mandiri,Tanggung jawab)
-Meminta tanggapan dari kelompok lain (Mandiri)
-Siswa membaca referensi dan mencari informasi (Mandiri)
   tentang contoh-contoh ke-Maha kuasaan Sang Hyang Widhi
- Siswa melakuakn diskusi dengan teman-temannya
   tentang contoh-contoh ke-Mahakuasaan Sang Hyang Widhi (Kerja sama)
 - Menulis kesimpulan tentang contoh-contoh ke-Mahakuasaan Sang Hyang Widhi
3. Konfirmasi
- Guru mengklarifikasi tentang pengertian Asta Aiswarya (Religius)
            3. Kegiatan Penutup
- Evaluasi (Mandiri,Kerja keras)
- Penugasan PR
- Saran dan nasehat
- Doa penutup “Om Santih Santih Santih Om”
Pertemuan II
1.                Kegiatan Pendahuluan
a.        Apersepsi
-      Salam Panganjali umat “ Om Swastyastu” (Religius)
-      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b.       Memotivasi
-      Melakukan Pejajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya

-      Tanya jawab tentang arti dari Asta Aiswarya
c.        Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
1.                                                             Kegiatan Inti
1.   Eksplorasi
 - Guru menjelaskan bagian-bagian Asta Aiswarya (Religius)
2. Elaborasi
- Siswa membaca referensi dan mencari informasi tentang
mencari arti dan makna bagian-bagian Asta Aiswarya (Mandiri)
- Peserta didik melakukan diskusi dengan teman-temannya tentang makna
 bagian-bagian Asta Aiswarya (Mandiri)
- Menulis kesimpulan tentang makna dan bagian-bagian Asta Aiswarya
3. Konfirmasi
 - Guru mengklarifikasi tentang bagian-bagian Asta Aiswarya (Religius)
3. Kegiatan Penutup
- Evaluasi (Mandiri,Kerja keras)
- Penugasan PR
- Saran dan nasehat
- Doa penutup “Om Santih Santih Santih Om”
Pertemuan III
1.           Kegiatan Pendahuluan
a.           Apersepsi
-  Salam Panganjali umat “ Om Swastyastu” (Religius)
-  Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
(Absensi,kebersihan kelas,dan lain-lain)
b.           Memotivasi
-  Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
dengan memberikan pertanyaan tentang tugas yang diberikan
- Tanya jawab tentang contoh-contoh dari Asta Aiswarya
c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.   Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi
- Guru menjelaskan contoh-contoh ke-Mahakuasaan Sang Hyang Widhi (Religius)
2.       Elaborasi
- Mengatur kelompok diskusi (Kerja sama)
- Peserta didik membaca referensi dan mencari informasi tentang
contoh-contoh ke-Mahakuasaan Sang Hyang Widhi  
3.       Konfirmasi
- Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan materi Pembelajaran bersama siswa
3. Kegiatan Penutup
- Evaluasi (Mandiri,Kerja keras)
- Penugasan PR

- Saran dan nasehat
- Doa penutup “Om Santih Santih Santih Om”

D.Sumber Belajar
-Nara Sumber ( guru ) dan referensi yang terkait
E.Penilaian Hasil Belajar
a.        Teknik
Tes tulis
b.        Bentuk instrumen
Pilihan Ganda
c.        Butir instrumen
1.     Delapan sifat kemahakuasaan Sang Hyang Widhi disebut ....
a. Asta Kosala Kosali                         c. Asta Aiswarya
b. Asta Dala                                        d. Asta Brata
2. Sifat Tuhan maha kecil disebut ....
a. Mahima                                           c. Anima
b Laghima                                           d. Prapti
3. Prapti artinya ....
a. Sifat Tuhan maha besar
b. Segala keinginan-Nya akan terwujud
c. Dapat menjangkau segala tempat
d. Sifat maha utama
4. Asta Aiswarya dilihat dari ajaran Panca Sradha termasuk ke dalam ajaran ...
a. Brahman                                                     c. Karmapala
b. Atma                                                           d. Moksa


Kunci jawaban
1. c. Asta Aiswarya
2. c. Anima
3. c. Dapat menjangkau segala tempat
4. a. Brahman

Mengetahui                                                                                 Mataram,

Kepala SMP Negeri   6  Mataram                                   Guru Mata Pelajaran





(Hj.Baiq Harwini S.Pd)                                              (Nyoman Triadi Putra)                                                                                                
Pembina VI/A

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar